Kemiringan Bentuk Bulan, Bukti Bulan Mengiringi Matahari Bukan Bulan Mengelilingi Bumi

Kemiringan Bentuk Bulan, Bukti Bulan Mengiringi Matahari Bukan Bulan Mengelilingi Bumi



1. Kemiringan bentudk fase bulan selalu mengarah ke posisi matahari terbit di timur dan atau terbenamnya di barat. 

Pada model Bumi bulat GE, Bulan menerima cahaya matahari dari satu arah saja, sehingga pada hari yang sama tidak ada perubahan kemiringan bentuk bulan dan hanya mengalami perbesaran bentuk bulan.

Pada model Bumi datar lepek FE, Bulan menerima cahaya matahari dari tiga arah yaitu timur, barat, dan utara. Ketika waktu terbit dari matahari dan bulan berselisih sekitar 11-13 an jam atau posisi bulan berlawanan terhadap matahari dengan kutub utara diantara (tengah) keduanya, kemiringan bentuk bulan tidak mengarah ke utara, hal ini menunjukkan model bumi datar lepek tidak sesuai fakta yang terlihat.

2. Perubahan kemiringan bentuk fase bulan pada hari yang sama mengalami perubahan mengikuti arah dan posisi matahari terbit dan atau terbenam.

3. Model bumi bulat GE, bulan mengelilingi bumi tidak mengalami perubahan kemiringan bentuk hanya mengalami perbesaran bentuk. Sedangkan model bumi datar lepek FE, fakta tidak menunjukkan kemiringan bentuk bulan mengarah ke arah utara bumi.

4. Model bumi bulat GE, matahari berada di tempat berjarak 150 juta km dan ukurannya 900 kali ukuran bumi tidak menghasilkan bulan sabit yang jelas karena potensi cahaya yang diterima permukaan belakang bulan akan sama di setiap sisinya.

Jika posisi matahari dan bulan berjarak dekat dengan ukuran yang tidak terlalu kontras, akan menghasilkan bulan sabit seperti biasa terlihat.

Kemiringan bentuk bulan ini menjadi bukti bulan mengiringi matahari bukan bulan mengiringi bumi dan juga sebagai bukti bumi tidak bulat GE dan juga tidak datar lepek FE).



Comments

Popular posts from this blog

Pipa Organa Terbuka dan Tertutup

Gerak Rotasi Suatu Benda Pada Katrol Fisika