Bumi Tidak Berputar, Arah Gerak Harian Matahari dan Posisi Matahari Terbit Terbenam ini Buktinya

Bumi Tidak Berputar, Arah Gerak Harian Matahari dan Posisi Matahari Terbit Terbenam ini Buktinya

Kita tidak bisa melihat apakah bumi melakukan gerak rotasi atau diam dengan kata lain "bumi mengelilingi matahari atau matahari mengelilingi bumi", namun kita bisa mendeteksinya dengan menganalisa gerak harian matahari melalui pemahaman teori Bumi bulat GE. Kemudian pemahaman tersebut dibandingkan dengan fakta yang kita lihat.


Teori Bumi bulat GE menjelaskan bahwa matahari dianggap diam dan bumi dianggap berputar atau berotasi dengan kemiringan 23,5°. Matahari dan bumi terletak pada bidang ekliptika. Ketika bumi berevolusi atau mengelilingi matahari terdapat 4 posisi bumi yaitu summer solstice, winter solstice dan autumnal equinox, vemal equinox, yang bisa dipakai untuk menganalisa apakah bumi berputar atau tidak, dengan kata lain "bumi yang mengelilingi matahari atau matahari yang mengelilingi bumi". Misalkan posisi vemal equinox, ketika bumi berotasi, matahari bergerak semu di wilayah katulistiwa dari timur ke barat pada posisi matahari terbit di 0° dan matahari terbenam di 0°. Demikian pula posisi lainnya, jika matahari terbit di 6° LU, maka matahari terbenam di 6° LU, atau jika matahari terbit di 13° LS, maka matahari terbenam di 13° LS.


Fakta yang terlihat berdasarkan rekaman cctv yang menghadap ke barat dan rumah yang menghadap selatan, yaitu saat pagi hari matahari terbit di sebelah utara rumah atau bayangan rumah di sebelah selatan dari rumah, ketika siang hari bayangan rumah tepat di bawah rumah, dan ketika sore hari matahari terbenam di sebelah selatan rumah atau bayangan rumah di sebelah utara dari rumah. Jika matahari terbit di 10 LU, maka terbenamnya tidak di 10 LU  tapi agak ke selatan kurang dari 10 LU. Jika matahari terbit di 0° atau equator, maka matahari terbenam di kemungkinan 12° LS bukan di 0° atau equator lagi. Kita bisa juga mengamati matahari terbit ketika pagi hari dengan acuan posisi kita atau rumah kita saat kita menghadap ke arah timur. Kemudian kita bandingkan posisi matahari terbenam ketika sore hari dengan acuan posisi kita atau rumah kita saat kita menghadap ke arah barat. Kesimpulan gerak harian matahari berdasarkan fakta adalah hampir bergerak dari arah timur laut ke barat daya.

Jika kita membandingkan teori bumi bulat GE (matahari diam dan bumi berputar) dengan fakta, maka secara jelas teori bumi bulat GE tidak sesuai dengan fakta yang terlihat.


Sekarang kita mengubah peran dengan bumi yang bulat dianggap diam dengan kemiringan 23,5° dan matahari yang bergerak bersifat nyata mengelilingi bumi. Jika kita mempraktekan model tersebut, maka kita memperoleh hasil gerak harian matahari melintasi di atas wilayah bumi dan memiliki arah hampir dari timur laut ke barat daya dari wilayah bumi.

Jadi kesimpulan dari bumi berbentuk bulat, akan sesuai fakta jika bumi diam dan matahari bergerak atau matahari yang mengelilingi bumi.


Jika kita aplikasikan pada bumi datar lepek FE, maka gerak nyata harian matahari ketika saat terbit akan terlihat dari timur laut ke arah pengamat, sedangkan ketika terbenam akan mengarah hampir dari arah tenggara ke arah barat laut. Hal ini terjadi, karena matahari bergerak di atas bumi datar lepek berarah searah jarum jam dalam mengelilingi bumi yang lepek. Jadi teori bumi datar lepek FE ini juga tidak sesuai dengan fakta yang terlihat.

Kesimpulan akhir diperoleh bahwa:

a. Teori bumi bulat GE dan teori bumi datar lepek FE, keduanya tidak sesuai dengan fakta "gerak harian matahari".

b. Akan sesuai dengan fakta jika bumi yang dianggap bulat tetapi diam dan matahari yang bergerak atau "matahari yang mengelilingi bumi".

Comments

Popular posts from this blog

Pipa Organa Terbuka dan Tertutup

Gerak Rotasi Suatu Benda Pada Katrol Fisika