James Cook dan Kegagalan Ekspedisi Jalur Barat Laut, Bukti Bumi Tidak Bulat GE dan Tidak Datar Lepek FE

James Cook dan Kegagalan Ekspedisi Jalur Barat Laut, Bukti Bumi Tidak Bulat GE dan Tidak Datar Lepek FE

Tujuan utama kerajaan Inggris melakukan ekspedisi pelayaran dan juga dilakukan orang-orang eropa lainnya adalah untuk mencapai daerah asia timur atau asia tenggara dan memecahkan misteri jalur barat laut melewati alaska menuju siberia, kemudian ke arah selatan menuju asia tenggara. Puluhan ekspedisi pelayaran kapal yang mencoba jalur barat laut menemui kegagalan. Kerajaan inggris britanian mengirimkan ekspedisi pelayaran yang dipimpin oleh James Cook dengan hadiah 20.000 poundsterling. James Cook juga menemui kegagalan dan terdampar sampai hawaii dimana hawaii ini ditemukan secara tidak sengaja oleh James Cook serta meninggal dunia di hawaii. Ekspedisi jalur barat laut mengalami kegagalan menyebabkan ekspedisi berikut dibatalkan dan kembali ke eropa.

Sedangkan ekspedisi jalur timur yang dilakukan oleh James Cook sebelumnya mendapatkan keberhasilan secara gemilang yang dimulai dari eropa menuju tanjung harapan ujung selatan afrika, kemudian ke arah timur menyusuri kutub selatan dan berbelok ke utara yaitu selandia baru dan australia. Dilanjutkan menuju batavia (jakarta) dan kembali ke eropa melewati tanjung harapan afrika selatan lagi.

Berdasarkan peta Bumi dari kedua teori bumi bulat GE dan teori bumi datar lepek FE maupun google map menunjukkan wilayah alaska dan wilayah siberia saling berdekatan dan bersambung serta berjarak sekitar 100 km yang dipisahkan selat Bering.  Dengan pengalaman James Cook dari perjalanan panjang hingga ribuan km dan waktu lama beberapa tahun, ekspedisi James Cook tidak berhasil mengungkap misteri jalur barat laut dari alaska agar bisa mencapai asia melalui jalur timur laut atau siberia, dan hanya menemukan hawaii secara tidak sengaja.

Kegagalan ekspedisi James Cook memecahkan misteri jalur barat laut atau keterkaitan antara siberia dan alaska ini menjadi bukti bahwa bentuk Bumi Tidak bulat GE dan Tidak juga datar lepek FE, karena peta keduanya antara siberia dan alaska berdekatan dan bersambung.

Sumber:

https://explorenorth.com/library/bios/cook-james.html

https://www.britannica.com/biography/James-Cook

Comments

Popular posts from this blog

Pipa Organa Terbuka dan Tertutup

Gerak Rotasi Suatu Benda Pada Katrol Fisika