Stasiun Bumi Pengendali Satelit Baru, Bukti Bumi Tidak Bulat

Stasiun Bumi Pengendali Satelit Baru, Bukti Bumi Tidak Bulat

Pada proses peluncuran satelit palapa D di Xichang Satellite Launch Center (XSLC) Tiongkok menggunakan roket Long March (Chang Zheng), "pada tanggal 1 September 2009 menyatakan bahwa telah dilakukan pengecekan fungsi dan parameter satelit, dan sebagian panel surya satelit sudah mulai dibuka sehingga Palapa-D dapat melakukan pencatuan daya dari matahari. Pada hari itu juga sinyal Satelit Palapa D telah berhasil ditangkap oleh stasiun bumi di Fucino, Italia,  setelah sebelumnya gagal dimonitor oleh stasiun bumi di Quebec, Kanada. Pada tanggal 3 September Palapa D berhasil memasuki Geostationer Transfer Orbit (GTO) untuk kemudian dikendalikan hingga sampai di Geostationary Syncronous Orbit (GSO) yang awalnya direncanakan tercapai pada pertengahan September 2009, 10-12 hari setelah peluncuran. Akhirnya Palapa D mencapai GSO pada tanggal 9 September 2009. Setelah itu Palapa D melalui periode "in-orbit-test" sebelum memasuki orbitnya di 113° BT dan kemudian secara resmi diserahterimakan dari Thales ke Indosat pada tanggal 28 Oktober 2009, siap beroperasi secara normal".

Analisisnya: Satelit baru diluncurkan yang berada di garis bujur 113° BT di langit indonesia, pada awalnya direncanakan bisa diterima sinyalnya dan dikendalikan dari dua stasiun bumi di fucino, italia 41LU 13BT dan Quebec, kanada 46LU 71BB.

Jika bumi berbentuk bulat sinyalnya dari satelit yang berada di langit bumi sisi depan tidak mungkin ditangkap oleh stasiun bumi yang berada di bumi bagian yang berlawanan (selisih 100° dan 184° bumi bulat), karena gelombang elektromagnetik yang digunakan satelit tidak bisa dipantulkan oleh lapisan ionosfer atmosfer dan tidak bisa menembus lapisan bumi hingga mencapai benua eropa atau amerika yang dianggap bagian belakang atau berlawanan benua asia jika bumi berbentuk bulat.

Sumber:

https://aliefworkshop.wordpress.com/2012/07/19/prinsip-sistem-komunikasi-satelit/

https://inet.detik.com/advertorial-news-box/d-1194087/satelit-palapa-d-indosat-meluncur-dengan-sukses

Comments

Popular posts from this blog

Pipa Organa Terbuka dan Tertutup

Gerak Rotasi Suatu Benda Pada Katrol Fisika