Wilayah Terdampak Gerhana Matahari Dimulai dari Barat ke Timur

 Wilayah Terdampak Gerhana Matahari Dimulai dari Barat ke Timur

Peristiwa gerhana matahari terjadi memiliki karakteristik yang terlihat secara khas diantaranya:

1. Pergeseran tertutupnya matahari oleh bulan secara horizontal atau mendatar.

2. Wilayah bumi yang mengalami gerhana matahari dimulai dari wilayah barat ke wilayah timur.

3. Arah wilayah bumi yang mengalami gerhana matahari dimulai dari arah barat daya ke arah timur laut, atau arah barat laut ke arah tenggara.

4. Gerhana matahari terjadi pada tanggal hari sesuai dengan kalender hijriyah yaitu sekitar tanggal 29 atau 30 hijriyah. Jika dikaitkan dengan kalender masehi, tanggal hari selalu selisih 11 hari dari tahun ke tahun berikutnya.

5. Cara Terbaru untuk membuktikan bumi tidak bulat adalah ketika terjadi gerhana matahari dialami di wilayah-wilayah yang terletak pada international date line atau garis penanggalan internasional. Misalnya beberapa bulan yang lalu, ketika gerhana matahari dimulai dari wilayah antartika, ujung selatan afrika, australia, indonesia, piliphina, jepang hingga pulau marshal namun pulau-pulau didekatnya sesuai gambar peta bumi, misalnya di pulau hawaii atau alaska tidak terjadi gerhana matahari.

Atau gerhana matahari yang terjadi dimulai dari wilayah alaska, wilayah amerika utara, samudera atlantik, namun di siberia, rusia atau jepang atau semenanjung korea tidak mengalami gerhana matahari. Cara ini untuk membandingkan wilayah diantara garis penanggalan internasional, jika wilayah tersebut berdekatan, maka wilayah tersebut akan mengalami fenomena gerhana matahari yang sama.


Teori bumi bulat (GE) menjelaskan bahwa:

a. Pergerakan bulan : revolusi bulan (bulan mengelilingi bumi misal periode 30 hari) maka

360° : 30 hari : 24 jam = 0,5°/jam. Artinya bulan bergeser 0,5° terhadap bumi dalam waktu 1 jam.

b. Rotasi bumi: bumi berputar pada porosnya (periode 1 hari = 24 jam), maka

360° : 24 jam = 15°/jam. Artinya  bagian wilayah bumi yg menghadap matahari dan bulan berputar bergeser sebesar 15° bumi bulat terhadap poros bumi dalam waktu 1 jam.

Dari teori GE tersebut, fenomena gerhana matahari berdampak di bumi dengan wilayah terdampak mulai dari timur ke barat. Para ahli GE membantahnya bahwa gerhana matahari sesuai model GE dimulai dari barat ke timur dengan alasan kecepatan linier bulan lebih cepat daripada kecepatan linier bumi. Namun bantahan dari ahli GE jika dipraktekkan akan terlihat bahwa mereka melupakan teorinya yaitu gerhana matahari terjadi tanggal 29 atau 30 hijriyah. Jika kecepatan linier bulan melebihi kecepatan linier bumi, maka posisi bulan akan melebihi tanggal 1, 2, 3, ... Hijriyah terhadap posisi bumi - matahari.

Sedangkan video-video yang beredar yang memuat animasi gerhana matahari menunjukkan pergeseran wilayah terdampak gerhana matahari dimulai dari barat ke timur, namun terlihat bumi tidak berotasi atau tidak berputar dan yang bergerak adalah bayangan matahari-bulan.

Comments

Popular posts from this blog

Pipa Organa Terbuka dan Tertutup

Gerak Rotasi Suatu Benda Pada Katrol Fisika