Ekspedisi Pelayaran James Cook dan Misteri Siberia Alaska

Ekspedisi Pelayaran James Cook dan Misteri Siberia Alaska

Mengingat kembali, ekspedisi pelayaran yang dilakukan orang-orang eropa untuk mencapai daerah asia timur atau asia tenggara dan memecahkan misteri jalur barat laut melewati alaska menuju siberia, kemudian ke arah selatan menuju asia tenggara. Puluhan ekspedisi pelayaran kapal yang mencoba jalur barat laut menemui kegagalan. Kerajaan inggris britanian mengirimkan ekspedisi pelayaran yang dipimpin oleh james cook dengan hadiah 20.000 poundsterling. James cook juga menemui kegagalan dan terdampar sampai hawaii serta meninggal dunia di hawaii. Ekspedisi jalur barat laut berikut dibatalkan dan kembali ke eropa.

Sementara ekspedisi jalur timur James Cook sebelumnya dimulai dari eropa menuju tanjung harapan ujung selatan afrika, kemudian ke arah timur menyusuri kutub selatan dan berbelok ke utara yaitu selandia baru dan australia. Dilanjutkan menuju batavia (jakarta) dan kembali ke eropa melewati tanjung harapan afrika selatan lagi.

Dengan pengalamannya dari perjalanan panjang hingga ribuan km dan waktu lama beberapa tahun, mengapa tidak bisa mengungkap misteri jalur barat laut dari alaska agar bisa mencapai asia melalui jalur timur laut atau siberia jika keduanya dekat dan terhubung?

Apakah kedua tempat yaitu siberia dan alaska tersambung berdekatan atau terpisah jauh?

https://explorenorth.com/library/bios/cook-james.html

https://www.britannica.com/biography/James-Cook

Comments

Popular posts from this blog

Pipa Organa Terbuka dan Tertutup

Gerak Rotasi Suatu Benda Pada Katrol Fisika